REVIEW JURNAL PENELITIAN KUALITATIF


Judul Jurnal

ADAPTASI SEKOLAH TERHADAP KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF

Metode Penelitian

Penelitian ini berangkat dari paradigma post-positivistik dengan pendekatan kualitatif, dan metode studi kasus. Pendekatan dan metode tersebut dipilih dengan pertimbangan, bahwa ia lebih membuka peluang untuk mendapatkan informasi yang mendalam tentang respon sekolah terhadap kebijakan inklusif studi kasus di kota Padang.

Metode Pengumpulan Data

Dalam melakukan pengumpulan data. Pertama dilakukan observasi. Langkah ini digunakan untuk mendapatan data tentang kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah kota Padang terkait dengan pelaksanaan pendidikan Inklusi. Kedua, peneliti melakukan studi dokumentasi. Teknik ini dipakai dengan maksud untuk mendapatkan data tentang dokumen-dokumen dan persyaratan legalitas formal yang telah dihasilkan dalam rangka melaksanakan pendidikan inklusi. Selain itu, juga akan dilihat tugas/kewenangan pemerintah, sekolah, guru, orang tua dan masyarakat dalam mensukseskan pendidikan inklusi. Ketiga, pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam. Wawancara dilakukan untuk memahami secara detail informasi tentang penyelenggaran pendidikan inklusi di Kota Padang.

Jenis Data

Penelitian ini dilakukan pada wilayah kerja dinas Pendidikan kota Padang yaitu beberapa sekolah yang ditunjuk sebagai penyelenggara pendidikan inklusi. Untuk melihat dan mengukur pelaksanaan pendidikan inklusif di kota Padang kita akan melakukan pengambilan data sekunder dan wawancara kepada beberapa sekolah (primer).

Pengolahan Data

Data yang terkumpul dianalisis menggunakan interactive model sebagai mana yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Kegiatan pengumpulan data dalam model ini meliputi tiga komponen pokok, yaitu: reduksi data, displai data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Ketiga kegiatan ini akan dilakukan secara terus-menerus selama berlangsung proses pengumpulan data lapangan. Melalui rangkaian kegatan tersebut akan didapatkan informasi yang mendalam dan data yang valid tentang respon sekolah terhadap pelaksanaan pendidikan inklusif di kota Padang. Kemudian data yang valid itu akan dirangkai secara naratif dan kritis dalam bentuk laporan penelitian ilmiah yang bisa dipertanggung jawabkan secara metodologis.

Postingan populer dari blog ini

BUAT APLIKASI SEDERHANA DENGAN ECLIPSE

MENGENAL TENTANG WEB

ILLEGAL CONTENT