MENGENAL TENTANG WEB

1. World Wide Web (www)


Menurut Yuhefizar (2008:159) "World Wide Web sering disingkat dengan www atau web adalah suatu metode untuk menampilkan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suara maupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser".

2. Website


Menurut Hidayat (2010:2) "Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya, baik bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman".

3. Web Page (Halaman Web)

Menurut Gunawan (2010:2) "Web page adalah dokumen yang ditulis dengan fotmat HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server web untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser".

4. Home Page (Halaman Muka)

Menurut Yuhefizar (2009:2) "Homepage adalah halawan awal sebuah domain. Misalnya, anda membuka website www.lintau.com, halaman pertama yang muncul disebut dengan homepage, jika anda meng-klik menu-menu yang ada dan meloncat ke lokasi yang lainnya, disebut web page, sedangkan keseluruhan isi/content domain disebut website".

5. Browser


Menurut Yuhefizar (2008:159) "Browser adalah perangkat lunak untuk mengakses halaman-halaman web, seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Safari, dan lain-lain".

6. Uniform Resource Locator (URL)


"Sebuah website biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL (Uniform Resource Locator)" (Susilowati, 2019:36).

7. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)


"Protokol adalah sekumpulan standar yang mengatur komunikasi data. HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol untuk hypertext. Protokol umum web lainnya adalah FTP (File Transfer Protocol). Di dalam suatu URL, nama protokol akan diikuti oleh tanda titik dua (:) dan dua garis miring (//)" (McLeod, 2007, terjemahan Yulianto, 2008:78).

Postingan populer dari blog ini

BUAT APLIKASI SEDERHANA DENGAN ECLIPSE

ILLEGAL CONTENT